Platform kami akan menangani permintaan pengembalian dana tertentu tanpa perlu tindakan lebih lanjut dari Penjual. Jika Penjual terbukti bersalah, mereka harus mengganti kerugian kepada pelanggan. Penjual dapat mengajukan banding terhadap keputusan platform dalam waktu 3 hari kerja.
Semua penjual harus menangani semua permintaan pengembalian/ pengembalian dana dalam waktu 48 jam setelah pelanggan mengajukan permintaan. Jika penjual tidak memenuhi permintaan tersebut, pengembalian dana akan disetujui secara otomatis.
Seller tidak boleh menolak permintaan pengembalian produk/pengembalian dana pelanggan tanpa alasan yang kuat da dapat dibenarkan.
Apabila penjual menolak permintaan pengembalian barang/dana, pelanggan dapat mengajukan permintaan kedua dalam waktu 48 jam setelah penolakan penjual, jika tidak, platform akan menutup permintaan pengembalian barang/dana.
Setelah penjual menyetujui permintaan pengembalian barang/dana, pelanggan harus mengunggah informasi logistik yang diperlukan untuk mengembalikan produk dalam waktu sepuluh (10) hari kalender sejak penjual menyetujui permintaan; jika tidak, permintaan pengembalian barang/dana akan ditutup oleh platform.
Pelanggan dapat mengirimkan kembali produk kepada penjual atau, jika tersedia, menyerahkannya ke salah satu titik drop-off yang ditentukan platform.
Setelah pelanggan mengunggah informasi logistik produk yang dikembalikan, seller harus mengonfir penerimaan produk yang dikembalikan a Seller Center.
Jika penjual tidak mengambil tindakan apa pun dalam waktu 2 hari kerja setelah menerima produk yang dikembalikan, permintaan pengembalian barang akan otomatis disetujui.
Jika dalam 14 hari kalender penjual tidak menerima produk yang dikembalikan setelah pelanggan mengunggah informasi logistik produk, platform akan otomatis mengembalikan dana kepada pelanggan. Penjual dapat menghubungi tim dukungan Shop | Tokopedia untuk mendapatkan kompensasi jika produk yang dikembalikan dianggap terlambat atau hilang dalam perjalanan.
Seller harus mengembalikan jumlah persis yang dibayarkan pelanggan untuk produk tersebut.
Seller dapat memilih untuk mengembalikan uang pelanggan tanpa menerima produk yang dikembalikan Namun, seller harus menerima risiko at kerugian terkait dengan keputusan ini.
Sesuai dengan kebijakan penegakan yang berlaku di platform kami, jika akun penjual ditutup karena keadaan yang berlaku, semua permintaan pengembalian dana yang dikirimkan oleh pelanggan akan dihapus oleh platform. Platform berhak menghapus permintaan pengembalian dana terkait berdasarkan pertimbangannya sendiri untuk melindungi kepentingan dan hak pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar